Mengenal Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Mengenal Aspek Perkembangan Anak Usia DiniAnak usia dini merupakan anak yang masih berumur antara 0-8 tahun yang mana pada usia tersebut anak-anak masih dalam masa tumbuh kembang mulai dari secara mental dan juga fisik. Kecepatan anak dalam tumbuh kembang pada usia dini memang jauh lebih cepat di bandingkan ketika sudah memasuki masa remaja. Pada usia dini anak akan sangat tergantung pada lingkungan, dan stimulasi anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tapi aspek yang paling penting dalam perkembangan pada usia ini adalah emosi, bahasa, fisik, kognitif dan tentunya kemampuan sosial.

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak terdapat istilah masa emas atau dalam bahasa inggrisnya golden age, nah mas ini berada di usia dini.  Hampir semua potensi terbaik sudah mulai terlihat pada masa ini dang sangat cepat perkembangannya.

Ada beberapa aspek di dalam tahapan perkembangan anak yang harus di perhatikan oleh orang tua sehingga bisa mengarahkan anak ke tumbuh kembang maksimal.

  1. Aspek Pertumbuhan Fisik

Pada usia dini akan terlihat secara jelas perubahan demi perubahan pada fisik anak di mulai dari tinggi badan, berat badan, tumbuh kembang pada otak hingga kemampuan motorik kasar dan motorik halus berkembang pada usia dini.

Pada usia 4-5 tahun motorik kasar bisa di liat dari kemampuannya bergerak seberapa gesit dan efektif mau itu berlari, melompat dll Keterampilan berupa menyusuk balok, puzzle dll yang merupakan kemampuan motorik halus akan terus mengalami perkembangan.

  1. Aspek Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif merupakan perkembangan pada anak yang mengacu pada kemampuan anak dalam memahami akan sesuatu hal. Perkembangan kognitif terdiri dari empat tahap berdasarkan usia.

  • Tahap Sensorimotor terjadi pada usia 0-24 tahun yang mana pada kemampuan bayi yang merupakan refleks bawaan. Jadi sang bayi belum bisa membedakan yang mana kebutuhan, kepetingan serta keinginan dan ketika mendekati usia 24 bulan anak mulai mengenali simbol serta paham akan gerakan tangan.
  • Tahap Praopersaional antara usia 2-7 tahun anak mulai mempertimbangkan mana kebutuhan, mana keinginan, mana kepentingan meski keputusan yang di ambil berdasarkan sudut pandan sendiri serta akan sedikit sulit menerima sudut pandang orang lain.
  • Tahap Operasional Konkret 7-11 tahun anak bisa membaca kondisi dengan baik dan mampur berpikir logis
  • Tahap Operasional Formal di mulai sejak ada berada di suia 11 tahun di mana penalaran pada anak mulai berkembang meski begitu sangat penting pendampingan orang di setiap tahapanya
  1. Aspek Komunikasi

Nah pada masa ini anak mulai memahami berbagai bahasa yang mereka denga di lingkungan sekitar pada masa ini kemampuan anak dalam berbahasa akan menjadi tolak ukur paling besar dalam tumbuh kembang anak.

  1. Perkembangan emosi

Sebenarnya pada aspek ini anak sudah terjadi sejak masih bayi di mana anak sudah mulai mengekspresikan apa yang di inginkan misalnya anak lapar maka ia akan menangis dll

Related Posts