Jenis Pelanggaran Norma Kesusilaan dan Sanksinya

Jenis Pelanggaran Norma Kesusilaan dan SanksinyaNorma kesusilaan adalah sebuah norma yang bersumber dari hati nurani manusia. Jadi sanksi dari norma ini sudah jelas akan di cemooh oleh masyarakat, kemudian akan dikucilkan bahkan bisa juga di usir dari tempat tinggal karena sudah melakukan pelanggaran yang sangat fatal dan berat dan bisa merugikan banyak orang.

Berikut akan kami jelaskan beberapa bentuk pelanggaran umum norma kesusilaan di tengah masyarakat dan sanksi yang biasa diberikan kepada orang yang melanggar norma tersebut.

  1. Berbohong dan berkata kasar

Ini adalah bentuk pelanggaran paling ringan pada norma kesusilaan dimana dari sisi sanksi sendiri biasanya akan di tegur baik oleh orang tua, guru atau orang lain yang lebih di tuakan dalam hal ini. Orang yang berbohong terus menerus akan di di cuekin juga dan tidak ada temanya.

  1. Minuman minuman keras

Biasanya ini bentuk pelanggaran norma kesusilaan yang ada di masyarakat dimana ini menjadi penyakit sosial. Orang yang melakukan tindakan ini akan di cemooh dan tentu saja bisa di usir juga dari tempat tinggal karena terlalu meresahkan bahkan tidak jarang norma hukum juga ikut di langgar dan akan diberikan sanksi berupa penjara atau kurungan di Bui.

  1. Berbuat asusila

Ini juga sama saja, salah satu jenis pelanggaran norma yang sangat umum terjadi ditengah masyatakat kita berupa tindakan sodomi, kemudian pemerkosaan dan tindakan kekerasan lainya. Sanksinya akan di cemooh, di usir bahkan bisa masuk penjara karena juga melanggar norma hukum.

  1. Berbusana tidak sopan

Negara kita adalah negara yang multikultural, di Bali mislakan anda bebas menggunakan busana mini, sedangkan jika anda pergi ke daerah yang mayoritas muslim dan menggunakan baju mini maka anda sudah melanggar norma kesusilaan di daerah tersebut.

Maka dari sanksi sendiri terkadang anda akan di tegur, dicuekin bahkan bisa di cemooh atau di gosipin oleh masyarakat dan tetangga anda.

  1. Mencuri

Mencuri adalah bagian dari pelanggaran norma kesusilaan dan norma agama, serta hukum. Orang yang mencuri akan di keberi, kemudian di usir dan tentu saja akan masuk penjara karena sudah melanggar UUD dan ini sangat jelas merugikan banyak orang.

Related Posts