5 Tanda Susu Formula Sudah Tak Layak Dikonsumsi

Tanda Susu Formula Sudah Tak Layak DikonsumsiKonsumsi susu formula memang mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh si kecil. Orang tua sebaiknya memilihkan produk susu formula terbaik dengan kandungan gizi lengkap untuk anak. Seperti produk S26 yang hadir dengan beragam varian dan komposisi gizi lengkap. Manfaatkan program diskon S26 di marketplace agar bisa belanja dengan harga hemat.

Ciri Susu Tak Layak Minum

Namun perlu diketahui bahwa pemberian susu formula harus dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai memberikan susu yang sudah tak layak dikonsumsi kepada si kecil. Bisa jadi karena sudah kedaluwarsa atau memang terlalu lama didiamkan. Berikut adalah 5 tanda susu formula sudah tak layak dikonsumsi lagi:

1.     Lewat Tanggal Kadaluarsa

Sebelum dibuat atau bahkan sebelum produk susu dibeli, cek dulu tanggal kadaluarsanya. Jika sudah lewat tanggal kadaluarsa maka bisa dipastikan susu tersebut sudah tak layak dikonsumsi. Anda bisa membeli produk susu yang masih layak dikonsumsi dengan memanfaatkan program diskon S26 maupun promo susu formula lain di marketplace.

2.     Kondisi Kemasan Rusak

Susu formula juga sebaiknya tidak disajikan kepada anak jika kemasannya sudah rusak. Periksa kembali sebelum membuka susu, apakah memang kemasannya sudah rusak atau belum. Jika kemasan dan segel rusak hingga menyebabkan produk susu terpapar udara luar maka lebih baik tidak dikonsumsi. Kondisi ini bisa menjadi indikasi adanya kontaminasi bakteri pada produk susu tersebut.

3.     Berubah Warna

Susu juga sebaiknya tidak diberikan kepada anak jika sudah berubah warna. Perubahan warna pada susu bisa disebabkan oleh adanya kontaminasi bakteri. Perubahan warna ini bisa saja terjadi pada susu bubuk yang belum dibuat atau susu yang sudah diseduh. Intinya, jika terjadi perubahan warna menjadi kuning atau kecoklatan sebaiknya tidak diberikan kepada anak.

4.     Muncul Bau Tidak Sedap

Anda juga bisa memeriksa kualitas susu dengan cara mencium aromanya. Jika susu mengeluarkan aroma yang tidak sedap, maka bisa dipastikan susu sudah tidak berkualitas. Jangan berikan kepada anak jika susu mengeluarkan aroma tidak sedap atau aroma yang tidak seperti biasanya. Aroma tidak sedap ini bisa saja menjadi tanda bahwa susu telah tercemar bakteri.

5.     Menggumpal

Jika serbuk susu sudah menggumpal, maka ini bisa menjadi indikasi bahwa kualitas susu sudah menurun. Sebaiknya susu yang sudah menggumpal tidak diberikan kepada anak. Kondisi susu yang sudah menggumpal ini bisa saja disebabkan oleh kesalahan orang tua saat menyimpan susu. Akibatnya, terjadi kontaminasi yang membuat tekstur susu berubah.

Itulah 5 tanda bahwa susu formula sudah tidak layak untuk dikonsumsi dan bisa menimbulkan keracunan. Pastikan Anda membeli susu formula di tempat yang tepat dan simpan dengan cara yang benar. Beli peralatan bayi sekaligus susu formula berkualitas bisa dilakukan di toko online atau marketplace dengan penawaran harga bersahabat.

Related Posts